Kamis, 28 November 2013

Rangkuman BAB IV-Teknologi Informasi Komunikasi

      Perangkat Keras dan Koneksi Internet

A.  Perangkat Keras Jaringan Komputer
   Sebuah jaringan komputer, dimana satu komputer terhubung dengan computer yang lain memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan.
B.   Cara Memperoleh Sambungan Internet
  Internet kita kenal sebagai media penyaji informasi yang sangat luas, bebas, dan sepertinya tanpa aturan. Informasi yang disajikan bahkan sangat beragam.
C.   Faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan Akses Internet
  Dalam praktiknya, kecepatan akses yang diperoleh seorang user ketika menggunakan internet adalah tidak mutlak sama dengan kecepatan yang ditawarkan oleh ISP.



A. Perangkat keras jaringan komputer
a. Server
           Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer komputer lain dalam jaringan.

        b. Client
                 Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Kemudian, client menerima pelayanan dari komputer server.
  
        c. Kartu Jaringan / Network Interface Card
                          Kartu jaringan atau LANCard adalah perangkat keras jaringan yang dipergunakan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client).

        d. Hub / Switch
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dan penguat sinyal dari LAN Card. Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa kompuer client. Hub juga memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.

        e.  Kabel Jaringan
Kabel jaringan adalah kabel yang menghubungkan antara komputer dengan komputer, dari server ke switch/hub dll.kabel jaringan juga sebagai perantara antara user dengan user yang lain dalam satu wilayah lokal (di kantor,diwarnet,dll)

a.     Kabel UTP
Kabel UTP (unshielded Twisted Pair), secara fisik terdiri atas empat pasang kawat medium.
b.     Kabel Koaksial
Kabel koaksial terdiri atas konduktor silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif.
c.      Kabel Fiber Optik
Jenis kabel fiber optik merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah.
            f. Konektor
Konektor adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan komputer. Pada jaringa  komputer dikenal dengan istilah RJ45 yang merupakan konektor standar untuk kabel ethernet kategori 5, serta biasanya digunakan untuk kabel UTP.

           g. PCMCIA Network Interface Card
PCMCIA adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung ke dalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel.

h. Modem
Modem atau Modulator Demodulator adalah peralatan untuk mengubah data dari bentuk ditigal ke analog atau sebaliknya dari analog ke digital. Modem dihubungkan ke komputer atau terminal menggunakan sebuah interface yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu plugs, soket, pin, dan kabel.
i.      Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan repeater, maka jarak antarkomputer di jaringan dapat dibuat semakin lebih jauh.
j.      Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain. Dengan menggunakan bridge, maka sebuah jaringan lebih besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat diperoleh.

k.    Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router, maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain. Dengan demikian, arus data dari LAN tidak bercampur-baur dengan arus data dari LAN yang lain.

l.      Crimping Tools
Crimping tools berfungsi untuk memotong, merapikan, dan mengunci kabel UTP dan melakukan instalasi Networking.


B. Cara Memperoleh Sambungan Internet
a. Sejarah ISP di Indonesia
b.Kriteria Pemilihan ISP
c. Jenis Pelayanan koneksi Internet
d. Teknologi Dalam Sebuah Internet Service Provider
e. Penginstalasian Modem di Windows XP
f. Setting Koneksi ke TelkomNet Instan
g. Mengakses Internet Menggunakan Hotspot

C. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

a.   Media Transmisi
            Faktor pertama yang dapat memengaruhi kecepatan akses internet adalah media transmisi.Media transmisi yang memengaruhi kecepatan akses internet :
a.     Bahan perantara yang digunakan untuk menggunakan komputer, baik komputer dengan komputer dalam jaringan lokal (LAN), komputer ke ISP dan ISP ke internet.
b.     Jarak user ke server.
c.      Cara penyambungan ke internet.

b.   Kecepatan Jaringan
            Kecepatan jaringan ditentukan oleh topologi jaringan dan kemampuan jaringan NIC (Network Interface Card) atau LAN card. Jaringan yang menggunakan topologi ring memiliki kecepatan akses yang lebih lambat dibandingkan dengan topologi star. Kemampuan LAN card bervariasi mulai 10 Mbps, fast ethernet 100 Mbps, sampai Gbps.

c.    Banyaknya User
            Satu buah server atau website dapat digunakan atau diakses oleh beberapa user. Jika banyak user yang mengakses satu website / server pada waktu yang bersamaan, kecepatan akses jaringan akan dibagi rata kepada semua user, sehingga semakin banyak user yang mengakses satu website maka kecepatan akses pun semakin rendah.

d.   Besarnya Bandwidth
            Bandwidth merupakan kecepatan maksimum yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antar komputer pada jaringan / internet. Besar bandwidth yang di sewa ISP ke Bakcbone internet berpengaruh pada kecepatan akses internet yang diterima oleh pelanggan. Semakin besar Bandwidth yang dimiliki, semakin besar kecepatan akses yang diterima.

e.   Kecepatan Server

            Kemampuan dan kecepatan server akan berpengaruh pada kecepatan akses internet yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Semakin cepat server tersebut, maka kecepatana akses semakin besar.
Bersumber dari buku bacaan - Buku Sekolah Elektronik (Teknologi Informasi Komunikasi) Kelas III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar